Beranda Sat Lantas Dalam Satu Bulan Sat Lantas Polres Pekalongan Tindak 6.384 Pelanggar Lalu Lintas

Dalam Satu Bulan Sat Lantas Polres Pekalongan Tindak 6.384 Pelanggar Lalu Lintas

24
BERBAGI

Polres Pekalongan – Seiring dengan makin pesatnya pertumbuhan kendaraan terutama roda 2 di wilayah hukum Polres Pekalongan, setiap hari kita bisa melihat berbagai macam pelanggaran dilakukan. Ada yang sekedar melewati garis putih pada traffic light, motor melewati trotoar, parkir liar, tidak menggunakan helm dan yang paling parah adalah “keberanian” untuk melawan arah. Hal ini tentunya dapat membahayakan pengendara lain yang sudah mentaati peraturan dengan berjalan sesuai dengan jalurnya.

Guna menegakkan hukum, tata tertib lalu lintas, menghargai hak pengguna jalan lain dan menyelamatkan pengguna jalan. Sat Lantas Polres Pekalongan akan terus melakukan razia kendaraan dengan sasaran di tempat dan lokasi yang rawan kecelakaan, rawan kemacetan dan rawan pelanggaran.

Dari jumlah ini, 3.696 pelanggar terpaksa ditindak dengan tilang dan 2.688 lainnya diberikan teguran peringatan.

Menurut Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Bobby Anugrah Rahman, S.I.K mengatakan bahwa kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah. Bahkan banyak yang tidak menyadari arti penting helm pengaman. Ini terbukti masih banyaknya pelanggaran yang didominasi pemotor atau pembonceng tidak memakai helm.

“Kebanyakan di pinggiran kota, seperti Kajen, Bojong, Karanganyar dan kedungwuni, pengendara atau pembonceng motor tidak memakai helm,” katanya.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Bobby Anugrah Rahman, S.I.K menambahkan bahwa dalam kegiatan razia kepolisian selain memeriksa kelengkapan surat, petugas juga memeriksa barang bawaan untuk menjaring senjata tajam dan narkoba.

Ditemui di tempat terpisah, Kasubag Humas Bag Ops Polres Pekalongan AKP M. Dahyar mengatakan bahwa helm merupakan salah satu alat pengaman berkendaraan lalu lintas. Namun masyarakat masih menganggap helm diperlukan agar tidak ditindak polisi, padahal helm ini banyak memiliki fungsi yang lebih utama, kata AKP M. Dahyar

“Dengan adanya tilang dari petugas, diharapkan mereka selalu ingat dan tidak akan melakukan pelanggaran yang sama,” tandas Kasubbag Humas AKP M. Dahyar. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Sumber : POLRES PEKALONGAN

BERBAGI