by

46 Anggota Pramuka Dilantik Sebagai Anggota Saka Bhayangkara Polres Pekalongan

Polres Pekalongan – Bertempat di Mapolres Pekalongan dan desa Rogoselo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan Sebanyak 46 orang anggota pramuka mengikuti kegiatan pelantikan anggota Saka Bhayangkara, Minggu (13/5/2018).

Pelantikan tersebut di tandai dengan upacara pembukaan, selaku pembina upacara Aiptu Sujarwo dalam amanatnya Aiptu Sujarwo menyampaikan pesan kepada anggota Saka Bhayangkara bahwa Saka Bhayangkara merupakan wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Pramuka Saka Bhayangkara harus memiliki jiwa sosial tinggi dan penuh dedikasi. Sebagai Saka Bhayangkara harus bisa menjadi pioner tertib hukum, tertib berlalulintas dan menjadi cermin jatidiri insan anti narkoba serta mahir dalam TPTKP laka lantas, mampu dan bersedia menjadi unsur pengamanan bersama Polri maupun kegiatan yang bersifat sosial serta mampu menjadi inspirasi dan inovasi yang kreatif sebagai anak bangsa yang teladan.

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, diawali dengan pelaksanaan upacara pembukaan di halaman Polres Pekalongan, selanjutnya dengan didampingi instruktur bersama Dewan Saka, anggota Saka Bhayangkara melakukan perjalanan dengan long march menuju desa Rogoselo Kecamatan Doro melalui pos-pos yang telah ditentukan, api unggun  dan diakhiri dengan tradisi adat siraman kembang di halaman Mapolres Pekalongan.

Aiptu Sujarwo menuturkan tujuan kegiatan tersebut selain orientasi medan, yaitu untuk pembentukan mental dan fisik, pemetaan wilayah dan Praktik Krida yang meliputi Krida P2B (penanganan pertama bencana), Krida TPTKP, Krida Kamtibmas serta Krida Lalulintas.

Secara terpisah, Kasat Binmas AKP Guntur Tri Harjani, S.H. menuturkan bahwa dengan Pelantikan Saka Bhayangkara diharapkan dapat mempererat kebersamaan, menumbuhkan rasa kekeluargaan, meningkatkan semangat gotong royong dan rasa toleransi sehingga dapat tertanam semangat nasionalisme di dalam dada setiap anggota Saka Bhayangkara.

“Saya berharap melalui kegiatan pelantikan ini para anggota Saka Bhayangkara dapat menumbuhkan rasa kemandirian, kedisiplinan, kekeluargaan dan meningkatkan rasa peduli terhadap sesama,” tuturnya. (M Zaenuri)

Editor : Humas Polres Pekalongan

POLRES PEKALONGAN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed